Beberapa Faktor Yang Berasosiasi Dengan Prestasi Kerja Karyawan

ABSTRAK
Perusahaan sangat membutuhkan karyawan yang memiliki prestasi kerja yang tinggi dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Banyak faktor yang berhubungan dengan prestasi kerja karyawan di PDAM Kabupaten Klungkung, yang terlihat dari beberapa indikasi rendahnya prestasi kerja, seperti tidak tercapainya target penyambungan instalasi pada pelanggan : keluhan-keluhan pelanggan yang disampaikan melalui telepon dan kotak saran mengenai kekurangtepatan dalam membaca angka meter pemakaian air; kekurangtanggap karyawan menangani keluhan-keluhan pelanggan tentang kebocoran, kemacetan air, dan kualitas air; dan ketidaktepatan jadwal pemasangan sambungan baru.
Melihat adanya indikasi seperti yang telah disampaikan, maka dilakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya asosiasi signifikan secara bersama-sama dan secara parsial faktor motivasi, kepuasan kerja, kondisi fisik pekerjaan, dan kemampuan kerja dengan prestasi kerja karyawan PDAM Kabupaten Klungkung. Selain itu, penelitian ini juga dilakukan untuk mengetahui faktor yang memiliki asosiasi yang paling kuat dengan prestasi kerja.
Untuk menjawab tujuan penelitian tersebut, dilakukan penelitian dengan mengambil
sampel sebanyak 85 orang karyawan. Data dikumpulkan dengan metode wawancara yang
berpedoman pada daftar pertanyaan. Analisis data menggunakan korelasi Product Moment.
Berdasarkan hasil analisis ditemukan bahwa keempat faktor yang diteliti, baik secara
bersama-sama maupun secara parsial, berasosiasi signifikan dengan prestasi kerja karyawan. Dari keempat faktor yang diteliti, ternyata faktor kemampuan kerja memiliki asosiasi paling kuat dengan prestasi kerja karyawan.
Implikasi dari hasil penelitian ini adalah karena faktor kemampuan kerja memiliki
asosiasi yang paling kuat dengan prestasi kerja karyawan, maka disarankan kepada pihak
pimpinan untuk lebih meningkatkan faktor kemampuan kerja karyawan, terutama meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mereka dengan memberikan kesempatan pendidikan dan pelatihan. Selain itu, faktor motivasi, kepuasan kerja, kondisi fisik pekerjaan, dan kemampuan kerja supaya lebih diperhatikan sehingga prestasi kerja karyawan dapat ditingkatkan.
Kata kunci : prestasi kerja, kepuasan kerja
+/- Untuk Download

Download Here. tinyurl.com/yebjwg