Gambaran secara lebih jelas mengenai implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi dalam mata pelajaran Ekonomi di kelas satu SMA Negeri 12 Semarang dapat dijelaskan melalui kegiatan penelitian yang dilakukan secara bertahap agar memperoleh jawaban yang akurat.
Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah (1) media apa yang sering digunakan oleh guru (2) Metode apa yang digunakan guru dalam mengajar (3) Indikator apa yang digunakan untuk mencapai tujuan (4) apakah materi yang dikembangkan sudah sesuai dengan KBK (5) Bagaimana analisis materi yang digunakan (6) Bagaimana hubungan komunikasi antara guru dan siswa (7) Faktor apa saja yang menjadi pendukung dan penghambat dalam pelaksanaan pembelajaran ekonomi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang pelaksaaan pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi kelas X Populasi dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, guru, dan beberapa siswa kelas satu SMA Negeri 12 Semarang .Alat pengumpul data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif.Sedangkan yang menjadi obyek dalam penelitian ini adalah proses pembelajaran pada mata pelajaran ekonomi.
Hasil penelitian menunjukkan, bahwa dalam implementasi Kurikum Berbasis Kompetensi (KBK) mata pelajaran Ekonomi di kelas X Sekolah menengah Atas Negeri 12 Semarang menemui beberapa kendala dan kesulitan terutama dalam proses pembelajaran. Meskipun demikian KBK membawa perubahan yang cukup berarti. Berbagai perubahan tersebut meliputi beberapa komponen dalam kegiatan belajar mengajar di kelas.
Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa didalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi khususnya pada siswa kelas X SMA Negeri 12 Semarang, membawa perubahan sehingga dengan Implementasi KBK tersebut diharapkan akan mampu membawa peserta didik untuk dapat mengetahui kemampuan, minat dan bakatnya (kompetensi) agar menjadi manusia yang berkualitas dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan nasional.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat bermanfaat bagi para guru maupun siswa serta berbagai pihak yang terkait dalam pelaksanaan KBK, yang kemudian dapat dijadikan sebagai bahan masukan dan informasi yang akurat, serta sebagai pedoman maupun dasar dalam pengambilan berbagai langkah penting dalam melaksanakan KBM yang sesuai dengan konsep KBK. Sehingga pelaksanaan KBK dapat berhasil dengan lebih baik dimasa yang akan datang.
+/- Download Here
tinyurl.com/yakgftr