Skripsi : Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Semangat Kerja Pegawai Terhadap Kepuasan Masyarakat Yang Dilayani

Kata kunci : Kualitas Pelayanan, Semangat Kerja pegawai, Kepuasan Masyarakat
Kepuasan masyarakat dipengaruhi oleh faktor seperti kualitas pelayanan, semangat kerja pegawai, motivasi kerja, lingkungan kerja dan sebagainya. Dalam penelitian ini akan dibahas pengaruh antara kualitas pelayanan dan semangat kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) Adakah pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan masyarakat yang dilayani pada Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang ? (2) Adakah pengaruh semangat kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat yang dilayani pada Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang ?(3) Adakah pengaruh kualitas pelayanan dan semangat kerja pegawai terhadap kepuasan masyarakat yang dilayani pada Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang ?
Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan masyarakat yang datang ke Kantor Kecamatan Rembang Kabupaten Rembang untuk mendapatkan pelayanan umum selama satu bulan yang berjumlah 500 orang. Besarnya sampel yang diambil adalah 10% dari jumlah populasi, yaitu 50 orang. Ada tiga variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu (1) kualitas pelayanan (2) semangat kerja pegawai (3) kepuasan masyarakat. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Metode analisis yang dipergunakan yaitu analisis linier berganda dengan menggunakan SPSS for windows release 11.
Hasil penelitian membuktikan bahwa nilai F test adalah 3,289 > 3,190. Dengan demikian hipotesa yang menyatakan bahwa ada pengaruh antara variabel kualitas pelayanan dan semangat kerja pegawai secara bersama-sama terhadap kepuasan masyarakat dapat diterima. Adapun besarnya koefisien determinasi variabel secara simultan (R2) diperoleh 63,8%, sedangkan sisanya sebesar 36.2% yang merupakan pengaruh dari faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Berdasarkan hasil penelitian bahwa kualitas pelayanan dan semangat kerja pegawai dapat menyebabkan kepuasan masyarakat. Semangat kerja memiliki pengaruh yang lebih dominan dibandingkan dengan kualitas pelayanan. saran yang
diberikan dalam penelitian ini adalah (1) Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa kualitas pelayanan memiliki pengaruh yang lebih kecil dibandingkan dengan semangat kerja pegawai, sehingga kantor Kecamatan Rembang perlu meningkatkan kualitas pelayanannya agar masyarakat yang dilayani lebih terpuaskan (2) Mengingat bahwa semangat kerja pegawai sangat dominan dalam mempengaruhi kepuasan masyarakat, maka untuk masa yang akan datang kantor Kecamatan Rembang perlu mempertahankan semangat kerja pegawainya agar kepuasan masyarakat yang dilayani tetap terjaga.
+/- Download Here

tinyurl.com/y8hxbva